Tips naik MRT Jakarta

Jakarta mempunyai alat transportasi baru yaitu Mass Rapid Transit/ Moda Raya Terpadu atau lebih dikenal dengan singkatan MRT. Untuk tahap pertama, MRT sudah beroperasi dari Lebak Bulus ke Bundaran HI sejak 24 Maret 2019 lalu. Ada 13 stasiun perhentian (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) dan jarak yang tercangkup di jalur ini ada 15,7 km dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.

 

Dengan dibukanya MRT, banyak masyarakat berbondong-bondong ingin mencoba transportasi yang bebas macet ini. Nah supaya tidak bingung dengan moda transportasi baru ini, yuk simak tips menaiki MRT di bawah ini:

 

Rencanakan perjalanan

Penumpang melihat peta dulu sebelum menaiki MRT, hal ini agar penumpang tahu di stasiun mana harus naik dan turun. Hal ini akan membuat arus naik dan turun penumpang menjadi lebih lancar. Jika bingung, segera cari petugas dan bertanya kepada mereka.

 

Jaga kebersihan MRT

Penumpang diminta untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Jika belum menemukan tempat sampah, disarankan untuk menyimpannya terlebih dahulu di tas/ kantong pakaian.

 

Tidak makan dan minum di area MRT, juga di dalam kereta

Hal ini agar kebersihan lingkungan dan kereta MRT tetap terjaga dan membuat semua pengunjung nyaman menggunakannya.

 

Selalu antri agar tidak membuat jalur macet

Saat masuk ke lingkungan MRT, kamu wajib membeli tiket atau jika sudah ada kartu, kamu tinggal menempelkan kartu/ tiket agar pintu terbuka otomatis. Semua penumpang harus berbaris rapi agar jalur lancar dan tidak ada antrian

 

Antri di jalur yang benar

MRT Jakarta membuat 2 jalur untuk masuk dan keluar penumpang. Para penumpang yang menunggu kereta harus antri di sebelah kiri dan kanan pintu, hal ini dibuat agar penumpang yang ingin turun bisa turun dengan mudah tanpa terhalang penumpang yang ingin masuk

 

Perhatikan tempat duduk

Bila ingin duduk, gunakanlah tempat duduk kosong. Namun usahakan jangan menduduki tempat duduk prioritas selain penumpang yang berhak yaitu para penyandang disabilitas, ibu hamil, ibu membawa anak, dan lansia.

 

Mudah bukan naik MRT? Tips di atas bertujuan agar kita bisa menikmati moda transportasi baru ini dengan nyaman dan aman. Untuk kamu yang ingin menikmati layanan MRT Jakarta tanpa bayar, bisa melalui pendaftaran www.ayocobamrtj.com atau klik tombol dibawah ini. Direncanakan pada 1 April 2019, pemberlakuan tarif baru akan dilakukan. Yuk coba MRT Jakarta!