Memiliki Rutinitas Yang Padat? Simak Tips Berikut Agar Tetap Fit

Sebagian besar orang berpendapat bahwa menjalankan gaya hidup sehat, sangat sulit dilakukan karena sibuk oleh rutinitas. Sekilas hal ini agak membingungkan karena bagaimana seseorang dapat mengambil berbagai macam tanggung jawab dan kemudian hal tersebut menggantikan yang terpenting yaitu kesehatan dan kesejahteraan itu sendiri. Gaya hidup sehat lebih dari sekadar mempertahankan pola makan dan melakukan aktivitas yang sehat, tetapi juga termasuk mengelola stres, tidur, dan bahkan jumlah informasi yang Anda terima setiap hari. 

Gaya hidup sehat adalah keseimbangan, artinya berusaha merawat diri sambil menyelesaikan kewajiban sehari-hari seperti bekerja, merawat anak-anak, hewan peliharaan, dan semua hal lain yang mungkin muncul sepanjang hari. Merawat diri artinya mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan Anda - secara mental dan fisik, dan memikirkan dampak jangka pendek maupun jangka panjang pada keseharian Anda.

Jika Anda memiliki rutinitas yang padat, simak tips berikut agar kesehatan Anda tetap terjaga.

 

1. Membuat Jadwal

Salah satu cara terbaik untuk mengatur dan mempertahankan gaya hidup sehat adalah dengan membuat jadwal dan menggunakan jadwal tersebut untuk memastikan Anda tetap mengerjakan tugas-tugas penting. Jadwal yang Anda buat akan menentukan bagaimana cara Anda menyelesaikan setiap tugas sepanjang hari, dan di mana Anda dapat menyisipkan gaya hidup sehat Anda.

 

2. Membiasakan Kebiasaan Tidur Yang Sehat

Penelitian mengatakan bahwa sebagian besar pemulihan dan perbaikan dilakukan pada saat sedang tidur. Bukan hanya pemulihan untuk otot-otot tubuh Anda, tetapi juga pemulihan dan perbaikan otak! Dengan mengingat hal itu, mendapatkan tidur yang cukup setiap malam harus menjadi prioritas. Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh dan otak Anda tidak akan dapat berfungsi maksimal - itu artinya Anda akan mengalami masalah dalam proses pengambilan keputusan.

 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dilewatkan karena 60% dari tubuh orang dewasa adalah air. Otak dan jantung mengandung 73% air, dan paru-paru mengandung sekitar 83% air. Kulit mengandung 64% air, otot dan ginjal mengandung 79% air, dan bahkan tulang mengandung  31% air. Bayangkan, Anda berlari di dalam air dan tanpa bahan bakar yang sangat penting ini, maka Anda tidak akan dapat bekerja secara efektif dan mungkin lebih mudah terserang penyakit.

Kualitas air Anda juga perlu diperhatikan - dan menggunakan mata air alami sebagai sumber air utama Anda akan lebih baik. Perlu diingat jika Anda menggunakan Osmosis Terbalik yang menghilangkan spektrum kontaminan terbesar dari setiap proses pengolahan air. Hal itu akan menghilangkan mineral penting, yang membuat Anda perlu mengonsumsi suplemen tambahan.

 

4. Berolahraga setiap hari

Ada berbagai tingkat latihan, dan Anda tidak harus melakukan angkat barbel atau skuat setiap hari. Untuk menjaga kardio tetap stabil setiap hari, Anda dapat berjalan dengan kecepatan rendah selama minimum 20 menit per hari. Anda dapat membagi kegiatan ini menjadi dua kali jalan selama masing-masing 10 menit, tetapi perlu diingat ini adalah minimal! Jadi Anda dapat melakukannya lebih banyak dari ini. 

Anda juga dapat menetapkan tujuan yang besar seperti kehilangan X-jumlah berat badan, atau mengangkat Y-jumlah barbel selama olahraga. Kita semua membutuhkan tujuan untuk tetap di jalur yang benar, dan Anda juga dapat mengajak orang lain di media sosial untuk mendukung tujuan tersebut. 

 

5. Rutin Mengonsumsi Makan Sehat

Pendekatan gaya hidup sehat adalah membangun pola makan sehat yang berkelanjutan. Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat adalah keseimbangan dalam menjaga nutrisi makro dan asupan nutrisi mikro yang tepat. Kalori juga cukup penting, dan menggunakan aplikasi untuk melacaknya akan membantu. Dapat dikatakan bahwa makanan sehat melibatkan konsumsi makanan bergizi termasuk protein yang berkualitas tinggi.

 

6. Menjaga Usus Agar Tetap Sehat

Banyak orang beranggapan bahwa usus adalah otak kedua. Banyak komunikasi yang terjadi antara usus manusia dengan otak manusia. Seseorang dapat beranggapan bahwa banyak dari proses pengambilan keputusan dimulai di usus, dan jika usus tersebut tidak sehat, maka dapat dipastikan bahwa keputusan itu juga akan sangat tidak sehat.

Anda dapat menjaga usus agar tetap sehat dengan cara mengonsumsi probiotik seperti yogurt Yunani Kefir (polos) alami dan minuman teh hitam atau hijau, atau minuman lainnya yang memberikan manfaat bagi kesehatan.

 

7. Jangan Memasak Daging Terlalu Matang

Cara ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Ketika Anda memasak makanan terlalu matang, dan terutama daging, Anda akan mendapatkan zat karsinogen yang tidak diinginkan. Salah satu cara untuk mengurangi hal ini adalah menggunakan bubuk kopi untuk mengurangi jumlah karsinogen di area daging yang terlalu matang.

 

8. Mengonsumsi Vitamin

Makanan berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, jika Anda tidak mampu mengonsumsi semua nutrisi mikro Anda, maka suplemen adalah alternatif yang bagus. Harap pastikan Anda melakukan riset sebelum membeli suplemen apa pun, untuk memastikan itu bukan 'minyak ular' yang tidak efektif, melainkan harus terbukti bahwa itu benar-benar memberikan manfaat. Beberapa vitamin yang baik dikonsumsi antara lain D3, B6, B12, Vitamin C, Magnesium, Kalsium, Protein, dan lainnya.

 

9. Melakukan Meditasi

Anda tidak perlu duduk melakukan posisi lotus dan berada dalam keheningan untuk melakukan meditasi. Dalam agama Buddha, ada praktik yang dikenal sebagai Meditasi dalam Empat Pose, dan tujuannya adalah untuk menyederhanakan konsep. Meditasi dapat dilakukan dalam salah satu dari empat pose ini - Duduk, Berdiri, Berbaring, dan Berjalan. Tujuan meditasi di sini adalah untuk tetap penuh fokus sepanjang hari, dan Anda dapat mendukung ini dengan melakukan tambahan meditasi 'duduk dalam pose lotus' yang pada dasarnya mengutamakan ketenangan (pikiran).

 

10. Menikmati Waktu Bersama Teman Dan Keluarga

Cara ini adalah hal yang rumit di era teknologi saat ini karena banyaknya gangguan. Ketika Anda menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga dekat, letakkan smartphone dan fokus pada percakapan yang sedang berlangsung dan masuk di dalamnya.

Dengan menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau bahkan hewan peliharaan, Anda memenuhi kebutuhan dasar manusia terhadap interaksi komunitas dan sosial. Ketika Anda fokus melakukan cara ini, Anda dapat mulai bertukar Biophoton (energi halus) dengan organisme hidup lainnya.

 

11. Mengonsumsi Konten dan Informasi Berkualitas

Mengontrol informasi yang masuk adalah hal yang sangat penting. Jika Anda tidak mampu mengelola informasi maka akan mengalami pembajakan perhatian. Pembajakan perhatian adalah ketika sejumlah rangsangan eksternal mengalihkan perhatian atau membuat seseorang beralih dari tugas yang sedang ia kerjakan. Contoh pembajakan perhatian adalah panggilan telepon atau email yang muncul tiba-tiba sehingga mengalihkan hal yang sedang dikerjakan saat ini.

 

Sejumlah tips di atas mungkin memberikan manfaat yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ketika tindakan Anda mulai menunjukkan hasil, maka Anda akan semakin bersemangat dan terus berinovasi setiap hari. Cepat atau lambat, Anda akan menjadi influencer kesehatan.

Jika Anda sangat peduli kesehatan dan umur panjang, ini adalah saat yang tepat untuk memulai! Anda dapat mengambil langkah sederhana setiap hari untuk melakukan peningkatan seiring berjalannya waktu, itu akan membuahkan hasil yang sangat besar. Nantinya Anda dapat Dalam satu tahun, dua tahun, 5 tahun nanti Anda akan melihat betapa lebih sehat dan lebih bahagianya Anda setelah menjalankan strategi untuk hidup sehat!