Mau Tidur Lebih Berkualitas? Simak Khasiat Vitamin Berikut

Apakah Anda pernah mengalami sulit tidur? Terkadang, siklus tidur tubuh kita menjadi sedikit terganggu karena asupan gizi yang kita buat dalam kehidupan sehari-hari. Sering mengonsumsi makanan cepat saji membuat kita kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, padatnya aktivitas dan tuntutan pekerjaan juga dapat menyebabkan sulit tidur.

 

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal, kita perlu menjaga pola makan, serta keseimbangan jiwa serta pikiran. Agar hal itu dapat terwujud, simak beberapa vitamin berikut yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Perlu diketahui juga, kadar dan takaran vitamin berikut harus dilakukan dengan saran dokter ya.

 

1. Vitamin D

Sebagian besar ahli sepakat bahwa Vitamin D sebenarnya bukan vitamin melainkan hormon yang dibuat dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari. Dalam meta-analisis yang diterbitkan oleh the National Center for Biotechnology Information, ditemukan bahwa kekurangan vitamin D sebenarnya berbanding lurus dengan risiko gangguan tidur yang lebih tinggi dan bahwa kekurangan 20 ng / mL Vitamin D dapat meningkatkan risiko gangguan tidur.

Anda bisa mendapatkan Vitamin D dari suplemen, dan sinar matahari! Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D adalah telur, salmon, ikan tuna, dan jamur. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter atau apoteker untuk memeriksa kadar Vitamin D Anda saat ini dan berapa banyak yang harus Anda tambahkan. Karena Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, vitamin D dapat disimpan dalam tubuh Anda dan menjadi racun jika kadarnya terlalu tinggi.

 

2. Vitamin E

Sebuah studi 2011 yang meneliti efek neuroprotektif dari Vitamin E menunjukkan bahwa Vitamin E dapat mencegah gangguan memori yang disebabkan oleh kurang tidur, serta menormalkan mekanisme antioksidan hippocampus selama kurang tidur.

Selain itu, Vitamin E merupakan antioksidan yang kuat untuk melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, dan berperan dalam menghadapi masa tua yang lebih sehat. Vitamin E juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, elemen penting dalam pembentukan sel darah merah, serta membantu tubuh memproses Vitamin K. Biji bunga matahari, almond, dan minyak biji gandum adalah makanan yang mengandung kadar Vitamin E. Anda juga dapat membelinya dalam bentuk kapsul di sebagian besar apotek. Vitamin E adalah vitamin yang juga larut dalam lemak, sehingga Anda perlu konsultasi dengan dokter atau apoteker untuk meninjau Vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

 

3. Vitamin B

Ada 8 Vitamin B yang penting bagi kesehatan Anda sehingga disebut Vitamin B-kompleks. Beberapa penelitian yang muncul menunjukkan bahwa vitamin B-tertentu - tepatnya B3, B5, B6, B9 & B12 - membantu mengatur suplai Triptofan sehingga tubuh dapat memproduksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang diproduksi dalam tubuh Anda untuk membuat Anda mengantuk.

Vitamin B biasanya terkandung dalam sebagian besar multivitamin, atau Anda dapat membeli B-Complex sendiri dalam bentuk suplemen. Vitamin B juga didapatkan dari banyak biji-bijian, daging, buah dan sayuran.

 

4. Calcium dan Magnesium

Kedua mineral ini biasanya disarankan untuk dikonsumsi bersamaan sebelum tidur karena keduanya berperan dalam kontraksi otot dan relaksasi. Kekurangan Kalsium dan Magnesium dapat menyebabkan sejumlah gangguan tidur sepanjang malam, dan kalsium bekerja dengan Triptofan (hormon lain yang membantu memunculkan rasa kantuk) untuk menghasilkan melatonin yang membantu agar tidur lebih nyenyak. Insomnia kronis juga merupakan salah satu gejala awal dari kekurangan Magnesium.

Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian akan memastikan Anda mendapatkan Magnesium dan Kalsium serta Anda juga dapat membeli suplemen yang mengandung keduanya di apotek manapun.

 

5. Theanine

Theanine adalah asam amino yang sangat berkhasiat dan ditemukan dalam daun teh - terutama teh hijau - dan beberapa jenis jamur. Theanine berfungsi meningkatkan fungsi zat-zat kimia pada otak (seperti dopamin, GABA, dan serotonin) yang membantu mengatur tidur. Para ahli percaya bahwa Theanine membantu meningkatkan rasa kantuk dan mempercepat waktu tidur serta meningkatkan kualitas tidur. Seperti yang disebutkan, Anda bisa mendapatkan Theanine dari teh hijau. Namun, Anda juga dapat menemukannya dalam bentuk suplemen di berbagai apotek.

 

6. Zat Besi

Gejala nomor satu yang timbul dari kekurangan zat besi adalah kelelahan dan gangguan tidur. Kekurangan zat besi dianggap sebagai risiko utama pada Sindrom Kaki Gelisah, yang dapat menyebabkan sulit tidur atau susah tidur. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan kecemasan yang dapat membuat tidur menjadi sulit juga.

Mintalah dokter untuk memeriksa kadar zat besi Anda. Jika kadar zat besi Anda rendah, dokter akan merekomendasikan suplemen. Tahukah Anda bahwa tubuh Anda menyerap zat besi 2 hingga 3 kali lebih banyak dari sumber hewani daripada sumber nabati?

Perlu diketahui bahwa Vitamin C dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi, jadi cobalah mengonsumsi suplemen yang direkomendasikan seperti jus apel atau jus jeruk!

Berikut ini adalah makanan yang mengandung tinggi zat besi: daging sapi tanpa lemak, kerang, ayam, kalkun, kacang-kacangan, tahu, kentang panggang, kacang mete, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, sereal sarapan yang diperkaya, gandum dan roti kaya.

 

7. Zat Besi

Melatonin adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh, untuk menghasilkan rasa kantuk. Jika Anda mengalami sulit tidur, Anda juga dapat menemukan melatonin dalam bentuk suplemen dan biasanya diminum dalam waktu singkat (sekitar dua minggu) dapat membantu mengatur ulang ritme sirkadian Anda dan membuat Anda lebih cepat tertidur. Para ahli merekomendasikan untuk mencobanya dalam waktu singkat kemudian menghentikan suplementasi dan melihat bagaimana tubuh Anda merespons. Anda dapat membantu melatonin melakukan tugasnya dengan "mengatur suasana hati". Matikan lampu, matikan layar televisi/komputer, dan buat diri Anda merasa nyaman. Dan jika Anda masih sulit tidur, Anda dapat mencari suplemen melatonin di berbagai apotek.

 

8. Triptofan

Apa yang Anda lakukan setelah makan malam, sebagian besar orang menuju ke kursi malas atau sofa dan tertidur? Penelitian telah menunjukkan berulang kali bahwa triptofan dapat menyebabkan kantuk dan membantu Anda tertidur lebih cepat.

Anda dapat membeli suplemen triptofan di sebagian besar apotek. Anda juga bisa mendapatkannya dari banyak makanan seperti: kacang-kacangan, biji-bijian, unggas (bukan hanya kalkun), susu, bayam, telur, dan salmon.

 

Kualitas tidur sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh, namun masalah tidur dapat muncul sewaktu-waktu dalam hidup Anda karena berbagai alasan. Stres maupun masalah hormon atau lainnya mungkin dapat mengganggu kualitas tidur Anda, tetapi percayalah bahwa ada berbagai macam cara lainnya yang juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.