Godzilla II: King of the Monsters” Medan Pertempuran Para Monster

Salah satu film terbaru yang merupakan bagian dalam MonsterVerse yaitu Godzilla II: King of the Monsters telah rilis serentak di Indonesia pada hari Rabu tanggal 29 Mei 2019. Film ini merupakan kelanjutan cerita film Godzilla yang dirilis pada tahun 2014 yang lalu. Film hasil produksi Legendary Pictures ini didistribusikan secara internasional oleh Warner Bros. Pictures. Film ini disutradarai oleh Michael Dougherty (sutradara film Trick ‘r Treat dan Krampus) dan menampilkan berbagai aktor dan aktris ternama Hollywood seperti Vera Farmiga (yang lebih dikenal melalui film The Conjuring) dan Kyle Chandler (The Wolf of Wall Street dan Game Night).

 

Film ini menampilkan empat monster sebagai monster utama yaitu Godzilla, Mothra, Rodan dan musuh bebuyutan Godzilla yang bernama Monster atau Ghidorah. Sebenarnya tidak hanya keempat monster tersebut yang akan ditampilkan dalam film ini, ada pula beberapa monster lain yang akan ditampilkan. Monster pertama yang akan diperlihatkan kepada penonton adalah Mothra, monster yang berbentuk kupu-kupu raksasa. Dibalik perang dan kehancuran yang disajikan oleh film ini, penonton akan terkesima kagum dengan Mothra karena tubuhnya yang sangat indah dan memiliki sinar yang mampu membuat mata tidak berkedip. Setelah itu penonton akan dipertemukan dengan Monster Zero atau Ghidorah. Pada saat detik-detik bangkitnya Ghidorah, penonton akan mulai mengerti arah dari film ini bahkan dapat memprediksi dengan mudah akhir cerita film ini. Rodan menjadi monster terakhir yang akan bergabung dengan ketiga monster lainnya dalam pertarungan besar.

 

Penggambaran para monster sangatlah memukau, setiap detail diperhatikan dan dibuat dengan sempurna. Ghidorah berhasil digambarkan sebagai makhluk yang sangat ganas dan mematikan. Hal ini dapat dilihat pada saat monster menyerupai naga yang berkepala tiga tersebut mengepakkan sayap besarnya dan berteriak untuk memicu monster-monster lain untuk bangkit merusak seisi dunia. Godzilla juga mengalami berbagai fase perubahan bentuk tubuh dan juga kekuatannya menjadi lebih kuat. Final battle dalam film ini akan menambah keseruan dan ketegangan yang sudah dibangun oleh para monster dari kurang lebih sepertiga film dimulai. Pertarungan keempat monster tersebut juga menyelamatkan film ini dari kejenuhan karena pengambilan keputusan yang kurang tepat dari sejumlah tokoh dalam film ini.

 

Tampilan visual yang disajikan sepanjang film ini sangat luar biasa sehingga mampu membuat penonton terkesima. Selain itu, ada bagian dalam alur cerita film Godzilla II yang dirasa kurang pas yaitu kisah keluarga Mark (Kyle Chandler), Emma (Vera Farmiga) dan anak bungsu mereka Madison (Milly Bobby Brown). Perbedaan pendapat antara sepasang suami-istri tersebut mengenai masa depan manusia di bumi dan juga para monster terasa tidak masuk akal. Apalagi beberapa karakter manusia yang tidak jelas nasibnya seperti Colonel Alan Jonah (Charles Dance) yang memiliki visi yang jahat. Mungkin hal ini ada kaitannya dengan film selanjutnya yaitu Godzilla vs Kong yang akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.

 

Film ini cocok untuk dinikmati oleh pecinta film action maupun monster secara umum karena adegan pertarungan yang dikemas dengan sangat baik. Namun bagi mereka yang benar-benar penggemar film seri Godzilla, film ini mungkin tidak berhasil membuat rasa puas mereka terpenuhi. Para penggemar pasti berharap lebih karena film ini menampilkan berbagai macam monster raksasa yang melegenda. Jika dibandingkan dengan film Kong: Skull Island, film ini masih di bawahnya. Tetapi terlepas dari kelemahannya, film ini patut untuk menjadi tontonan wajib bersama keluarga pada saat liburan nanti.

 

Bagi kamu yang penasaran bagaimana penampilan Godzilla dan monster-monster lainnya, kamu sudah bisa menyaksikan Godzilla II: King of the Monsters ini di seluruh bioskop di Indonesia!