Enam Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Bulan Ramadhan adalah bulan bagi seluruh umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Salah satunya dengan menjalankan ibadah puasa, yakni menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai matahari tenggelam selama sebulan penuh. Selain mendatangkan pahala, ternyata berpuasa juga memberikan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Ingin tahu manfaat apa saja yang didapatkan dari puasa? Simak ulasan berikut.

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika kamu mengatur dengan benar pola makan pada saat berpuasa, maka akan berdampak positif bagi sistem kekebalan tubuh. Hal itu dapat diwujudkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan serat seperti buah-buahan. Dengan mengonsumsi buah-buahan pada saat sahur dan berbuka puasa, maka kamu akan mendapatkan manfaat saat berpuasa yakni peningkatan sistem kekebalan tubuh.

 

Membantu menurunkan berat badan

Perut yang kosong karena berpuasa di siang hari akan menurunkan tingkat glukosa. Ketika glukosa habis maka akan terjadi proses ketosis yang dapat memecahkan lemak dalam tubuh secara perlahan. Melakukan ibadah puasa secara rutin dengan pola makan teratur maka kamu telah melakukan usaha untuk menurunkan berat badan.

 

Membersihkan racun di dalam tubuh

Ketika melakukan puasa, kamu mengistirahatkan tubuh untuk menerima makanan berat. Dalam keadaan ini tubuh akan melakukan proses pembersihan dari kotoran, racun, dan zat lainnya yang dapat merusak kesehatan.

 

Puasa dapat meremajakan sel kulit mati

Sel-sel kulit mati perlu diganti agar kulit tetap kencang dan cerah. Ternyata puasa bermanfaat mengganti sel kulit mati. Saat berpuasa metabolisme dalam tubuh berhenti sehingga sel kulit mengalami peremajaan.

 

Mengurangi kadar gula darah dalam tubuh

Saat berpuasa, tidak ada makanan yang masuk sehingga energi dalam tubuh berkurang. Untuk itu tubuh menggunakan glukosa yang tersimpan dari sisa asupan saat sahur sebagai energi agar tubuh dapat menahan lapar hingga waktu berbuka puasa. Hal ini membuat kadar gula darah akan berkurang secara perlahan.

 

Meningkatkan fungsi organ tubuh

Dengan berpuasa maka kamu akan memberikan ruang untuk rangsangan sel, jaringan, dan juga organ tubuh. Jika puasa dilakukan secara rutin dan teratur, organ tubuh berangsur-angsur akan mengalami pemulihan dari rangsangan ketika sedang berpuasa. Fungsi organ tubuh pun akan mengalami peningkatan.

 

Nah setelah mengetahui manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh, kamu semakin semangat dong puasanya? Selain mendapatkan pahala, juga dapat membuat tubuh kamu semakin sehat ya!