Cara Mengatasi Nyeri Berlebihan Saat Menstruasi

Perasaan nyeri dan kram terkadang dirasakan ketika menstruasi , dan dapat mengganggu aktivitas seseorang. Hal ini membuat wanita hanya ingin berbaring di atas kasur hingga rasa nyeri tersebut hilang.

 

Nyeri yang berlebihan pada periode menstruasi umumnya disebut dengan stagnasi, yakni ketika wanita merasa kekurangan energi. Umumnya, rahim melepaskan lapisan alami setiap bulan ketika otot-otot rahim mengalami kontraksi. Pembuluh darah yang disuplai ke rahim pun akan menyempit. Aliran darah pun akan berkurang, akibatnya rasa nyeri pun akan muncul saat menstruasi.

 

Mari simak beberapa langkah di bawah ini untuk mengurangi rasa sakit saat haid :

1. Memperbaiki Pola Makan

Mengurangi konsumsi makanan mengandung lemak dan meningkatkan konsumsi sayuran dapat membantu mengurangi rasa sakit yang timbul ketika periode tersebut. Diet vegetarian rendah lemak juga dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi perasaan nyeri pada perut.

 

2. Mengonsumsi Teh Herbal

Secara tradisional, teh memang dipercaya dapat membantu untuk meringankan nyeri yang timbul ketika menstruasi. Salah satu contoh teh herbal yang dapat meringankan efek samping dari menstruasi adalah teh yang mengandung peppermint, karena peppermint mengandung menthol yang dapat meredakan rasa nyeri.

 

3. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin dapat meningkatkan endorfin pada tubuh, sehingga menghilangkan rasa nyeri ketika menstruasi. Selain itu, naiknya endorfin pada tubuh dapat meningkatkan suasana hati agar lebih membaik.

 

4. Mengonsumsi Makanan Mengandung Magnesium

Asupan magnesium yang cukup dapat membantu meredakan rasa sakit. Selain mengatasi kram menstruasi, kandungan magnesium dapat membantu untuk mengatur fungsi saraf dan otot. Asupan magnesium yang baik bagi wanita pada usia subur adalah 320 miligram setiap harinya.