Apa yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas

Membeli mobil pertama bisa jadi pengalaman yang dinanti oleh kita. Setelah beberapa tahun bekerja dan mengumpulkan uang, akhirnya tiba juga saatnya kita bisa membeli mobil pribadi.

Untuk yang belum bisa membeli mobil baru, jangan khawatir! Mobil bekas pun masih bisa jadi pilihan untuk mobil pertama kita. Simak tips dibawah ini ya!

Perhatikan tempat pembelian

Jaman sekarang, beli mobil pun bisa melalui online loh! Nah baik mau beli secara offline maupun online, kamu harus memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut.

Membeli ke showroom memang akan membuat Anda mendapatkan banyak pilihan, namun kamu harus tahu bahwa membeli lewat showroom pastinya membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika kamu membelinya langsung dari orang pertama.

 

Cek eksterior mobil

Bagian mobil yang biasanya kita perhatikan adalah eksterior mobil. Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos

 

Cek Performa mesin mobil

Mengecek performa mesin mobil sangat penting untuk dilakukan. Coba hidupkan mesin dan perhatikan dengan seksama suara mobil. Mesin yang terdengar baik harusnya terdengar halus dan tidak kasar, serta mudah untuk di starter. Lakukan juga test drive, cobalah untuk mengoper gigi, rasakan kondisi mobil saat berjalan. Coba juga untuk melewati jalanan yang kurang rata untuk cek kondisi kaki mobil. Lakukan hal ini bersama si penjual agar dia juga bisa tahu kondisi mobilnya.

 

Cek juga interior mobil

Selain bagian luar mobil, cek juga bagian dalam mobil. Bagaimana kondisi dashboard, jok mobil, AC, karpet dan lain-lain. Cek juga bagian kaca mobil dengan cara mencoba menaik-turunkan kaca. Jangan lupa untuk mengecek tombol wiper, sein, hazard, lampu depan, lampu rem dan cobalah untuk buka tutup pintu mobil.

 

Pastikan surat-surat kendaraan sudah lengkap

Hal ini sangat wajib kamu perhatikan saat membeli mobil. Pastikan kita mendapatkan BPKB dan STNK yang asli karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat  berharga palsu. Kamu juga wajib memastikan bahwa mobil yang kamu beli memiliki BPKB dan STNK yang sesuai dengan nama asli pemilik, hal ini akan memudahkan kamu untuk urusan administrasi kedepannya.

 

Demikianlah beberapa tips dari DI SURVEY untuk membeli mobil bekas. Semoga membantu kamu yaaa!